Perlu Keseimbangan Otak Kiri dan Kanan
Gizi.net - Masalah Kecerdasan: Perlu Keseimbangan Otak Kiri dan Kanan
Masyarakat sering kali menilai IQ (intelligence quotient) disamakan dengan intelegensi atau kecakapan. Padahal, IQ hanya mengukur sebagian kecil dari kecakapan.
''Justeru anak yang cerdas itu adalah anak yang bisa bereaksi secara logik dan berguna terhadap apa yang dialami di lingkungannya.
Eileen menjelaskan, IQ merupakan angka yang dipakai untuk menggambarkan kapasitan berpikir seseorang dibandingkan dengan kebanyakan orang lain. Pada umumnya IQ biasanya pada orang diberi angka 100.
"IQ hanya digunakan antara lain membayangkan ruang, melihat lingkungan sekeliling secara runtut dan mencari hubungan antara satu bentuk dan bentuk lain. Tetapi IQ tidak mengukur kreativiti, kemampuan sosial, dan kreatifnya,'' katanya.
Sementara itu, kecerdasan anak dilihat dari pemahaman dan kesadaran terhadap apa yang dialaminya. Kemudian di dalam pikirannya, pengalaman itu diubah menjadi kata-kata atau angka. Karena itu, Eileen menekankan pentingnya pemahaman. ''Kerana pemahaman adalah kombinasi antara upaya memperbanyak masukan melalui pancaindra dan pengetahuan yang sudah dimiliki,'' jelas Eileen.
Bagaimana mengoptimalkan kecerdasan anak?
Masyarakat sering kali menilai IQ (intelligence quotient) disamakan dengan intelegensi atau kecakapan. Padahal, IQ hanya mengukur sebagian kecil dari kecakapan.
''Justeru anak yang cerdas itu adalah anak yang bisa bereaksi secara logik dan berguna terhadap apa yang dialami di lingkungannya.
Eileen menjelaskan, IQ merupakan angka yang dipakai untuk menggambarkan kapasitan berpikir seseorang dibandingkan dengan kebanyakan orang lain. Pada umumnya IQ biasanya pada orang diberi angka 100.
"IQ hanya digunakan antara lain membayangkan ruang, melihat lingkungan sekeliling secara runtut dan mencari hubungan antara satu bentuk dan bentuk lain. Tetapi IQ tidak mengukur kreativiti, kemampuan sosial, dan kreatifnya,'' katanya.
Sementara itu, kecerdasan anak dilihat dari pemahaman dan kesadaran terhadap apa yang dialaminya. Kemudian di dalam pikirannya, pengalaman itu diubah menjadi kata-kata atau angka. Karena itu, Eileen menekankan pentingnya pemahaman. ''Kerana pemahaman adalah kombinasi antara upaya memperbanyak masukan melalui pancaindra dan pengetahuan yang sudah dimiliki,'' jelas Eileen.
Bagaimana mengoptimalkan kecerdasan anak?
Eileen
menyarankan agar para orang tua meningkatkan cara belajar, membaca, dan
mengulang. Misalnya, untuk memperkenalkan cara membaca, ibu membantu
anak dengan memberi garis di bawah kata-kata yang penting, meminta anak
membaca dengan suara keras dan menjelaskan makna bacaannya.
Selain itu, orang tua juga mengenalkan strategi, mengambil keputusan yang rasional, mencetuskan idea selancar mungkin, mid mapping, meningkatkan perbendaharaan kata, berpikir sambil membayangkan, berfikir kritis, dan bermain. Tujuannya menyeimbangkan kerja otak kiri dan kanan, kerana struktur otak belahan kiri dan kanan mempunyai tugas yang berbeza.
Kenapa perlu menyeimbangkan kerja otak kiri dan kanan?
Selain itu, orang tua juga mengenalkan strategi, mengambil keputusan yang rasional, mencetuskan idea selancar mungkin, mid mapping, meningkatkan perbendaharaan kata, berpikir sambil membayangkan, berfikir kritis, dan bermain. Tujuannya menyeimbangkan kerja otak kiri dan kanan, kerana struktur otak belahan kiri dan kanan mempunyai tugas yang berbeza.
Kenapa perlu menyeimbangkan kerja otak kiri dan kanan?
Tetapi menyeimbangkan kerja otak kiri dan kanan bisa pula melalui kebiasaan. Eileen menjelaskan, misalnya dengan menikmati muzik dan kesenian, menikmati warna, ruang dan bentuk, menghargai kreativiti dan menghargai kepekaan perasaan.
Sementara itu, Dr Andre Meaza mengatakan bahawa masa usia awal merupakan keemasan untuk melakukan proses stimulasi aktif melalui proses pengindraan dengan tujuan membentuk wiring system. ''Tahapan awal kehidupan anak merupakan tahapan penting kerana anak sudah mampu menerima keterampilan dan pengajaran sebagai dasar pengetahuan dan proses berfikir.''
Andre juga menjelaskan, separuh perkembangan intelektual anak berlangsung sebelum memasuki usia 4 tahun. Justru perkembangan kognitif usia 17 tahun merupakan akumulasi perkembangan dari anak lahir.
Menurut Andre, anak berusia 0-4 tahun memiliki perkembangan kognitif sebesar 50%, 4-8 tahun sebesar 30% dan 9-17 tahun sebesar 20%. ''Memang perkembangan otak sebelum usia 1 tahun lebih cepat, tetapi kematangan otak berlangsung sesudah anak lahir,'' katanya.
Dia mengingatkan bahwa pengaruh lingkungan awal pada perkembangan otak akan berdampak lama. Oleh karena itu, anak yang mendapat stimulasi lingkungan yang baik, fungsi otaknya akan berkembang lebih baik.
Tiada ulasan:
Catat Ulasan